Rabu, 14 September 2011

Study Kasus: Valid HTML5 di Template Klasik

Kelihatannya terdengar basi dan sudah dibahas berulang-ulang. Saya mengangkat tema ini bukan untuk berdebat tentang perlukah sebuah web/blog valid X-HTML (Extensible HyperText Markup Language) atau sejenisnya. Namun dititik-beratkan kepada suatu contoh kasus, bahwa Blogger™ ternyata dapat valid di HTML5, baik halaman depan maupun halaman posting.

Saya bukan penganut “harus valid X-HTML (I love validator)”. Bukankah tidak menjadi keliru, jika mencoba sesuatu yang mungkin dapat memberikan sebuah wacana bagi blogosphere (narablog).
Nah, sekarang mari kita melihat salah satu blog (Blogger™) yang melakukan usaha agar menjadi valid XHTML 1.1, seperti Blog milik mas Toto, terbukti valid. Terima kasih kepada Choen yang menjadi inspirasi dari penerbitan posting ini. Dan mungkin masih banyak web/blog lain yang tidak saya sebutkan di atas. :)
Bagi para blogger yang ingin melihat kasus yang saya maksudkan pada paragraf sebelumnya adalah blog yang beralamat di http://ob-template.blogspot.com/. Template tersebut menggunakan template klasik dan disusun (dicoba) menggunakan HTML5. Masih banyak kekurangan pada draft OB template tersebut, terutama pada metadata —antara —serta struktur HTML5 yang masih ‘amburadul’. Mungkin Anda yang menjadi penyempurna-nya.
Update (July 22, 2011):
Ingin melihat contoh blog lain yang—jika menurut saya “sempurna”—menggunakan template klasik di Blogger™. Silakan melompat ke komentar Amdhas. Jika berkenaan bahasa program, dia merupakan salah satu yang menurut saya dapat dijadikan referensi. Optimasi Blog pun telah beeberapa kali menerbitkan posting yang merujuk ke blog dia di Blogger Admin (Blogger™) dan sekarang lagi asyik berkutat dengan “Drupal”-nya di discrimate.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More