Rabu, 14 September 2011

Redesign: Optimasi Blog dari Masa ke Masa

Berubah lagi? Betul, mungkin karena perubahan itu diperlukan untuk suatu revolusi. Saya tidak berbicara tentang politik, tapi sedang mengungkapkan narasi mengenai sebuah blog. Apakah karena BloggerTM sudah merubah tampilannya (redesaign), maka Optimasi Blog ikut-ikutan berubah? Tidak, karena redesaign di blog ini telah lebih dulu dilakukan sebelum BloggerTM. Kalau tidak salah release tampilan baru site BloggerTM in draft dimulai pada hari ini (July 8, 2011).
Template yang Optimasi Blog gunakan sekarang (mencoba) menggunakan “liquid layout”—untuk mengetahui sedikit pengertiannya, silakan buka kembali posting sentuhan magic dalam blog—dan masih terkesan minimalis. Font yang digunakan full dari keluarga ‘serif’, berukuran 1em & line-height:1.5em, serta sedikit ditambah bumbu word-spacing & amp; letter-spacing.

Ngga perlu dikupas lebih dalam, ntar malah m’bosenin. Cukup diliat tampilan sekarang aja, gan. :)
‘Emang’ beda dengan yang dulu? Silakan baca sekelumit ulasan tentang ‘bunglonisasi’ template Optimasi Blog dari masa ke masa berikut ini.

Default Template (pixed layout)

Pertama sekali Optimasi Blog menggunakan default template “Minima”, kemudian sedikit demi sedikit di modifikasi, sampai ke bentuk “blogger copy template”. Template tersebut lama digunakan dari 2009–Maret 2011.
blogger template minmablogger template minma modification
blogger copy template

Minimalis Template (elastis layout)

Hanya ingin mencoba yang minimalis & hasilnya tidak mengecewakan. Kalau tidak salah digunkan dalam waktu yang sebentar dari Maret 2011–Juli 2011.
elastis blogger template

Template sekarang digunakan (liquid layout)

Yah, sekedar trial & error dengan layout yang berbeda. Template ini mengadopsi banyak alternatif untuk menanamkan widget/gadget, mungkin di atas, di kanan, atau di bawah.
liquid blogger template
Seperti kata saya di atas bahwa mungkin perubahan itu diperlukan untuk suatu revolusi. Kira-kira perubahan seperti apa yang dimaksudkan oleh kalimat tersebut? Dan sampai kapan template ini digunakan oleh Optimasi Blog?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More