Senin, 12 September 2011

Tips Memelihara Ayam Kate | Cara Budidaya Serama

Tips Memelihara Ayam Kate | Cara Budidaya Serama - Budidaya ayam kate kini sedang menjadi tren. Maklum, selain bentuknya yang unik dan perilakunya yang jenaka, bisnis ayam kate cukup menggiurkan.



Ada beberapa macam ayam kate. Antara lain: ayam kate lokal, Kate Batindo, Kate Bangkok, Kate Emas, Kate Chochin, Kate Kaki Pedang, Serama, dll.

Tips:
Memelihara ayam kate butuh ketelatenan tersendiri. Berikut beberapa tipsnya:
- Perhatikan kebersihan kandang. Sebisa mungkin setiap hari kandang dibersihkan. Kandang harus mendapat sinar dan sirkulasi udara yang cukup.
- Tiga bulan sekali suntik vaksin agar tak mudah terserang penyakit.

Pemeliharaan anakan:

- Begitu menetas dari telur, cepat pindahkan ke suatu tempat yang tertutup dan terlindung dari hempasan angin dan hawa dingin.

- Satukan dengan induk agar memperoleh kehangatan dan mendapatkan panduan dan petunjuk dalam memilih makanan.

- Kandangnya beri penerangan lampu minimal 5 watt sebagai penghangat tambahan.

- Lakukan pengontrolan agar pakan tidak kurang atau berlebihan. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali yaitu pagi dan sore.

- Untuk pakan berikan remah-remah yaitu pakan yang halus (boleh stater) dan jangan lupa airnya.

- Jika sudah menginjak usia 3 bulan biasanya induk induk ayam kate sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda mau bertelur kembali. Si induk dapat dipisahkan dari anak-anaknya. Biasanya anak-anak ayam kate ini akan ribut selama kurang lebih 1 hari, setelah itu bisa mandiri.

- Agar kondisi tubuh si anak-anak ayam ini tumbuh dan sehat setelah disapih dari induknya , sebaiknya anak –anak ayam ini dijemur setiap 2 hari sekali minimal 5 menit, lebih baik lagi setiap hari.

(dari berbagai sumber)

____________________

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More