Rabu, 14 September 2011

6 Tips Gokil Memilih Tablet


Masih bingung juga pilih smartphone? Baca 12 Tips Mudah Memilih Smartphone belum juga membantu kamu menjatuhkan pilihan? Atau kamu lebih tertarik dengan Tablet? Well, mungkin tulisan berikut juga bisa membantu kamu.
Tablet pertama yang ada di pasaran saat itu hanya iPad. Mahal? Mungkin iya, mungkin tidak. Waktu itu pilihan hanya ada 2 yaitu antara membeli atau tidak membeli. Tentu saja faktor harga sangat mempengaruhi. Namun zaman semakin modern dan teknologi berkembang dengan pesat. Kompetitor bersaing untuk menjadi yang terbaik dan saat ini sudah ada 2 tablet pesaing yaitu Blackberry Playbook dan Samsung Galaxy Tab 10.1. Jadi pilihan kamu menjadi bertambah kan? Masalah bukan hanya membeli atau tidak membeli iPad tapi kamu juga harus membandingkan dengan 2 tablet lainnya.
Ketiga-tiganya sama-sama ‘gokil abis’, sama-sama menguras kocek dompetmu, sama-sama memberikan menyajikan multimedia yang bisa dibilang “ajaib”. But, jangan buru-buru menjatuhkan pilihan karena semua produk pasti ada “plus minus”-nya. Nah, 6 Tips Gokil Memilih Tablet berikut ini bisa jadi salah satu referensimu membeli tablet yang tepat dan akan menghindarkan kamu dari rasa “nyesel” yang tidak perlu.
1.      Sistem Operasi (OS)
Perubahan mendasar pada ketiga tablet ini adalah sistem operasi-nya (OS). Masing-masing dengan OS andalannya.  iPad mengusung iOS 4.3, Blackberry dengan Blackberry OS, sementara Galaxy Tab 10.1 tak mau kalah dengan menggunakan Android 3.0. Jika dilihat dari aplikasi, iOS dan Android memang lebih populer dan terus bersaing ketat. Malah beberapa user menegaskan bahwa Android mempunyai kesempatan untuk “menjatuhkan” iOS dalam hal jumlah dan variasi aplikasi. Ada yang mengatakan, pilih iOS jika Anda ingin mengikuti trend, namun jika Anda ingin menciptakan trend pilihlah Android. Hal itu karena Android adalah OS yang benar-benar fleksibel dan seperti halnya aplikasi open source di PC, Android sangat terbuka pada urusan ‘utak-atik’. Sementara iOS tetap kukuh untuk menjadi tablet ‘ekslusif’ dengan keunggulan tentu saja kualitas aplikasi-aplikasi yang selalu terjaga.

2.      Kecepatan Processor.
Lain halnya dengan performa kecepatan. Blackberry Playbook benar-benar paling ‘ngebut”. Dengan 1 GHz dual-core processor dan RAM 1 GB yang tertanam di Playbook menjadikan tablet ini benar-benar “ngebut abis”. Bayangkan jika spesifikasi 1 Ghz dual-core processor itu ditanamkan di dalam PC masih mumpuni, apalagi jika dijadikan processor tablet yang pekerjaannya tidak lebih berat dari PC. Hal ini karena Playbook memang dirancang bukan hanya untuk browsing, tapi juga untuk ‘gaming experience’ para ‘gamers’.
Sementara iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1, yang juga dilengkapi dengan 1 GHz dual core namun tidak menjelaskan spesifikasi RAM. Beberapa sumber mengatakan bahwa keduanya mempunyai RAM maksimal 512 mb. Itu semu juga tida berarti iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 kalah cepat dengan Playbook. Kamu bisa mencobanya dengan memainkan game – yang biasanya dimainkan di Xbox - seperti Assassins Creed dan Splinter Cell.

3.      Layar Tablet
Besar layar memang juga cukup menentukan. Jika kamu ingin layar paling melegakan, tentu saja Galaxy Tab 10.1 pemenangnya dengan ukuran layar 10.1 inch. Sedangkan iPad 2 dengan ukuran 9.7 inch dan Playbook lebih ringkas dengan ukuran layar 7 inch. Namun untuk masalah ‘kenikmatan’ pada mata jangan lupa dengan resolusinya. Disini acungan jempol diberikan pada iPad. Teknologi LED-backlit display, foto-foto dan video resolusi tinggi akan memberikan tampilan yang nampak benar-benar ‘hidup’, bahkan di tempat-tempat dengan pencahayaan rendah. Wii keren!!

4.      Fleksibiltas dan Kompatibilitas Browsing
Bicara tentang ini, Playbook dan Galaxy Tab jawaranya. Tentu saja dengan kelebihan kedua gadget ini yaitu dapat memutar dengan baik semua video berbasis flash (.flv) yang banyak dijumpai di website-website karena sudah didukung aplikasi Adobe Flash 10.1. Sementara iPad dan iOS nya yang eksklusif masih saja ‘bermasalah’ dengan video-video flv.

5.      Kamera.
Bagi kamu yang suka foto-foto tentu saja kurang lengkap jika tablet-tablet ini tidak dilengkapi dengan kamera karena salah satu fungsi utama yang ‘diagung-agungkan’ oleh ketiganya adalah fitur video chat. iPad 2 kelihatannya juga harus mengalah lagi dengan pesaingnya. Playbook paling yahud dengan dilengkapi kamera depan 3 MP (Mega Pixel) dan kamera belakang 5 MP. Sedangkan Galaxy Tab 10.1 didukung oleh kamera depan 2 MP dan kamera belakang 3 MP. Tapi jangan kuatir buat para fans Apple iPad, walaupun masih dengan kamera depan VGA dan kamera belakang yang tidak disebutkan berapa MP, tetapi diklaim sudah mempunyai kemampuan merekam video secara HD (High Definition) dan kemampuan ‘menangkap warna’ yang belum terkalahkan. Wii Bagus!!

6.      Kapasitas Storage.
Pertimbangkan terakhir adalah kapasitas storage. iPad memenangkan pertandingan dengan kapasitas storage mencapai maksimal 64 gb sebuah ruang penyimpanan yang sangat besar. Ribuan lagu dan foto dapat kamu simpan hingga suatu saat kamu ingin memilah-milah lagi tanpa harus memikirkan apakah ruangan masih cukup untuk file-file baru. Galaxy Tab 10.1 dan Playbook harus puas dikapasitas maksimal 32 GB.

Jadi, sudah memutuskan akan membeli yang mana? Atau semakin susah menentukan pilihan? Buat gampangnya saya simpulkan tips diatas. (1)  Jika kamu ingin pengalaman multimedia yang eksklusif pilihlan iPad. (2) Jika kamu ingin fleksibilitas dan kompatibilitas temukan jawabannya di Galaxy Tab. (3) Dan jika kamu hobi ‘ngegame’ dan menyukai kecepatan coba’in saja Playbook.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More