Rabu, 14 September 2011

10 Tips Sederhana Merawat Netbook

Sebelumnya kita telah membahas perbedaan Desktop PC, Notebook dan Netbook (Baca Beda Desktop PC, Notebook dan Netbook). Selain itu kita juga telah membahas cara memilih antara Desktop PC, Notebook atau Netbook. (Baca Tips dan Trik Memilih Komputer) Nah, jika temen-temen memutuskan memilih Netbook berikut 10 tips sederhana cara merawatnya.
  1. Ketika menyimpan maupun menggunakan netbook, pastikan netbook berada di tempat yang rata dan cukup sirkulasi udara. 
  2. Sebelum menghidupkan netbook, pastikan kondisi baterai masih cukup. 
  3. Yakinkan stop kontak adaptor terpasang dengan baik. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charge putus sambung. Stop kontak kendor juga akan memper pendek umur baterai. 
  4. Perhatikan indikator baterai sebelum mengisi ulang daya. Bila menunjukkan kapasitas baterai lebih dari 80 persen, habiskan dulu. Bila menunjukkan kurang dari 20 persen, kita bisa menggunakannya dengan adaptor terpasang pada netbook. 
  5. Pastikan netbook dalam keadaan mati sebelum menyimpannya. 
  6. Jika kita tak menggunakan netbook dalam waktu lebih dari seminggu, lepaslah baterai dan adaptor.
  7. Upayakan tidak mencampurkan berbagai barang dengan netbook dalam tas. Jika netbook dibiarkan berdesakan dengan barang lain, LCD-nya bisa pecah. 
  8. Gunakan pelindung layar agar layar tidak mudah tergores, juga pelindung keyboard supaya keyboard tidak kemasukan debu/cairan. 
  9. Jauhkan handphone dari netbook. Jika HP menerima panggilan atau SMS, akan terjadi radiasi yang merusak chips netbook. 
  10. Update antivirus sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya, jangan bertukar data tanpa mengeceknya dengan anti virus terlebih dahulu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More