Jumat, 09 September 2011

Review EG Touch

Pasar komputer tablet yang terbilang baru di tanah air agaknya dipandang produsen sebagai pangsa pasar yang cukup menjanjikan (kendati baru meraup porsi kecil dari keseluruhan produk TI).

Pasar komputer tablet yang terbilang baru di tanah air agaknya dipandang produsen sebagai pangsa pasar yang cukup menjanjikan (kendati baru meraup porsi kecil dari keseluruhan produk TI). 
Kesuksesan iPad dan Galaxy Tab menjadi salah satu pemicu produsen untuk berlomba-lomba menghadirkan komputer tablet. Ini cenderung makin marak meskipun secara historis para vendor itu belum berpengalaman seperti sang Apple.
Dan inilah yang terjadi pada EG Memory. Lama dikenal sebagai merek terkemuka asal Hongkong dengan aneka produk storage (flashdisk, RAM, kartu memori) untuk komputer, vendor ini mencoba menghadirkan komputer tablet perdananya. Sekilas, perangkat ini tidak berbeda jauh dengan produk sejenis yang ada di pasaran.
EG Touch ET-2818 hadir dalam model tablet berlayar 7” dengan dimensi rangka 19,2 x 11,5 x1,4 mm. Ukuran ini terbilang nyaman untuk menjalankan aktivitas mobile. Desain kontrol EG Touch ET-2818 juga menyediakan tombol fisik untuk kembali (back). Ini ditambah adanya menu di bagian sisi agar pengguna tetap bisa kembali ke menu sebelumnya (manakala sistem tidak memunculkan kedua fungsi tersebut). Sayangnya model tombol kontrol ini kurang nyaman dibandingkan metode yang dipakai komputer tablet lain yang pernah kami coba.
Untuk memacu kerja komputer tablet, EG Touch memakai prosesor Rockchip 2818 1 GHz, memori sistem 256 MB, serta storage internal 8 GB dengan memori eksternal (via microSD/TransFlash) sampai kapasitas 32 GB. Layarnya pun bersifat kapasitif yang terbilang nyaman diakses dengan jari. Sayangnya, komputer tablet ini masih memanfaatkan sistem Android 2.1 (Éclair) yang feature-nya masih terbatas. Namun vendornya menjanjikan upgrade ke sistem yang lebih baru. Situs EG Memory, sayangnya terlihat kurang informatif untuk membidik segmen komputer tablet mereka.
Selain lewat WiFi, EG Touch ET-2818 juga menyediakan jalur koneksi 3G melalui modul eksternal. Rrupanya dalam paket penjualan tesedia modem 3G stick USB yang harus ditancapkan ke komputer tablet untuk mengakses Internet. Untuk mendukung aktivitas mobile, EG Touch telah menyediakan aplikasi standar seperti e-mail, peta online, video player, hingga Android Market. Sayangnya, Market yang disertakan masih versi 1710 yang terkenal memiliki “bug”. Repotnya lagi, Market Updater ternyata belum disediakan seara built-in sehingga proses download dari Market seringkali tak berhasil.
(Deny Prasetyo)
****
Berdasarkan pengalaman mencoba berbagai komputer tablet selama ini, kami lebih mengutamakan kemampuan dan fleksibilitas komputer tablet dalam menjalankan aplikasi. Nah, EG Touch ET-2818 ini memiliki cukup banyak “kejanggalan” meskipun spesifikasi yang diusungnya terkesan menjanjikan. Selain masalah Market, kecepatan grafis juga amat menyedihkan. Ini terlihat jelas saat menjalankan aplikasi atau game yang melibatkan render grafis kompleks. Agaknya EG Touch ini harus lebih disempurnakan agar bisa meraih kemudahan pakai dan kinerja yang maksimal.

Hasil Pengujian

ZTE Light Tab
EG Touch
Quadrant Advanced Total
12
270
Quadrant Advanced CPU
662
491
Quadrant Advanced 3D
161
-
Neocore Benchmark
36,8 fps
-

Spesifikasi EG Touch ET-2818
Prosesor
Rockchip 2818 1GHz
RAM
256 MB
Kartu grafis
-
Penyimpan internal (internal storage)
8 GB
Wireless
WiFi (802.11 b/g/n)
Koneksi lain
Mini USB port, USB port, microSD, Audio-out
Layar
7” / 800x480 pixel (SVGA) Capacitive touchscreen
Sistem operasi
Android 2.1 (Eclair)
Bobot
380 gram
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp3.200.000
* Datascrip, (021) 654-4515,  Minggu pertama Mei 2011



Konektor USB

Di samping USB mini, terdapat port USB tipe A (female) untuk hubungan ke modem USB eksternal yang tersedia dalam paket.


Tidak Nyaman
Rangkaian tombol fisik, termasuk power on/off, terbilang kurang nyaman ditekan. Di sebelah tombol ini terdapat Reset yang disediakan untuk melakukan reset secara fisik.



Akses Sentuh

Berkat layar kapasitif-nya, aktivitas geser dengan jari cukup enak dan lancar untuk membaca e-book, bermain game, dan aktivitas berbasis jari lainnya.


Plus     : Ada tombol fisik; touchscreen cukup nyaman.
Minus : Grip licin; kinerja grafis lamban; tidak dilengkapi modem built-in, Market bermasalah.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,25
- Fasilitas          : 4
- Kemudahan    : 4
- Harga              : 4,25
- Skor total        : 3,83

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More