Rabu, 14 September 2011

Apple Sekarang Tanpa iSteve

Kabar baru yang cukup mengejutkan datang dari CEO Apple sekaligus pendiri Apple, Steve Jobs. Sebuah surat pendek yang ditujukan pada petinggi Apple menerangkan bahwa hari-harinya sebagai CEO Apple berakhir dan ia pun mengundurkan diri.

“Saya selalu mengatakan jika pernah ada datang suatu hari ketika aku tidak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai chief executive Apple, saya akan menjadi yang pertama untuk memberi tahu Anda. Sayangnya, hari itu telah datang. Dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri sebagai chief executive Apple. Saya percaya Apple akan semakin terang dan inovatif di depan. Saya berharap dapat menyaksikan dan memberikan kontribusi dalam peran yang baru.Saya telah membuat hubungan yang baik di Apple, dan saya berterima kasih kepada anda semua yang telah bekerja bertahun-tahun bersama saya." 
Steve yang saat ini sedang menjalani perawatan transplantasi hati akibat kanker pankreas yang dideritanya, menyatakan saat ini tidak dapat lagi menjalankan tugasnya sebagai bos di perusahaan piranti komputer raksasa itu.

Karena gangguan kesehatan, Steve sendiri sudah mulai cuti sejak 17 Januari lalu dan keputusan Steve ini sangat mengagetkan masyarakat luas. Tim Cook saat ini didaulat untuk menggantikan posisinya.
Kepergian Steve Jobs dari kursi tertinggi Apple meninggalkan ‘duka’ bagi masyarakat, pengguna hingga staf karyawan Apple. Bagaimana tidak Steve Jobs bukan hanya seorang pemimpin tetapi juga seorang creator dari inovasi-inovasi Apple. Namun apapun yang terjadi, Apple harus tetap berjalan kedepan dengan pemimpin baru yang secara resmi ditunjuk oleh Steve Jobs.

Tim Cook adalah sosok yang akan menggantikan Steve Jobs. Keputusan ini sesuai dengan yang tertera dalam rilis Apple. “Chief Executive Officer Apple telah mengumumkan pemunduran dirinya. Steve telah menunjuk Tim Cook yang sebelumnya menjadi Chief Operating Officer untuk menggantikannya sebagai CEO.”

Lantas bagaimana perjalanan karir Tim Cook selama berada dalam lingkaran Apple? Timothy D. Cook adalah Kepala Operasi atau Chief Operating Officer Apple yang langsung dibawah komando CEO. Cook bertanggung jawab atas semua operasi dan penjualanApple di seluruh dunia termasuk manajemen ranta pasokan Apple. Selain itu, ia juga menjadi Kepala Divisi Apple Macintosh dan memainkan peran kunci dalam pengembangan lanjutan dari reseller strategis.

Sebelum bergabung dengan keluarga besar Apple, Cook merupakan Wakil Presiden Compaq dan bertanggung jawab atas pengadaan dan mengelola semua persediaan produk. Lulusan MBA dari Duke University, dan gelar Bachelor of Science di bidang teknik industri dari Auburn University ini bergabung dengan Apple pada 1998 sebagai Senior Vice President dan kemudian di promosikan menjadi COO pada 2004.

Otomatis, seluruh tanggung jawab Apple berada pada pundak Tim Cook dan hal ini bukan tugas mudah baginya untuk mengemban posisi ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More